PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM NANDO DONUTS MENGGUNAKAN METODE QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NI LUH PUTU ANANDA GOVINDA ISWARI

Informasi Dasar

204 kali
24.04.5772
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nando Donuts merupakan UMKM yang didirikan pada tanggal 14 Oktober 2023 yang berlokasi di Br. Belega Kanginan No.60 Blahbatuh yang didirikan oleh Ni Luh Putu Ananda Govinda Iswari yang ingin menjalankan suatu bisnis dan usaha yang berfokus pada sektor kuliner. permasalahan yang terjadi pada UMKM Nando Donuts, dimana terlihat bahwa omsert dari bulan Oktober 2023 hingga Mei 2024 tidak mencapai target dan seringkali berada dibawah target omset yaitu sebesar 8 juta rupiah. Target omset yang tidak tercapai ini disebabkan oleh strategi pemasaran dan promosi yang dilakukan belum maksimal. Selain itu juga, pengaruh faktor eksternal dan internal perusahaan juga mempengaruhi ketidakstabilan omset pada suatu UMKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan usulan strategi pemasaran kepada UMKM Nando Donuts menggunakan Metode QSPM dengan melakukan analisis SWOT sehingga UMKM Nando Donuts dapat mencapai target omset yang dan bersaing dengan UMKM lainnya. Analisis SWOT dilakukan untuk mendapatkan alternatif strategi yang ditinjau dari aspek internal dan eksternal perusahaan, sedangkan metode QSPM dilakukan untuk mendapatkan keputusan strategi terbaik yang dihasilkan dari analisis SWOT. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa strategi promosi yang terpilih dengan bobot TAS tertinggi yaitu, melakukan promosi produk dengan menggunakan platform sosial media lainnya seperti tiktok dan facebook serta menggunakan jasa influencer dan foodvlogger untuk melakukan review produk agar lebih dikenal semua kalangan. (6.85392), mengikuti event UMKM dengan penawaran diskon khusus atau paket promosi yang menarik dengan mendapatkan produk yang fresh dan berkualitas serta packaging yang menarik dan menambah jenis varian rasa yang unik (5.39734), mengembangkan varian donat khusus dengan cita rasa dan packagingyang didesain untuk perayaan hari raya. Serta melakukan promosi produk spesial ini secara intensif di media sosial, menekankan pada keunikan dan eksklusivitas produk yang hanya tersedia selama periode hari raya (5.13275). Kata kunci: UMKM, Analisis SWOT, Matrik QSPM

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM NANDO DONUTS MENGGUNAKAN METODE QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 88p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI LUH PUTU ANANDA GOVINDA ISWARI
Perorangan
Maria Dellarosawati Idawicaksakti, Meldi Rendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEG222 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEH3H2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini