Dalam era digital, transformasi digital menjadi kunci keberhasilan bagi perusahaan, terutama di sektor layanan kesehatan yang mengedepankan efisiensi dan kepuasan pasien. PT. Laboratorium Klinik Sejahtera, dengan tiga cabang di Pasuruan, Kraksaan, dan Probolinggo, masih menghadapi tantangan signifikan karena operasionalnya yang didominasi sistem konvensional berbasis kertas (paper-based). Proses bisnis yang belum terdigitalisasi secara penuh, mulai dari administrasi, penjadwalan pemeriksaan, hingga penyebaran informasi dan pengelolaan data pasien, mengakibatkan hambatan aksesibilitas layanan, inefisiensi operasional, dan potensi peningkatan risiko kesalahan. Berdasarkan survei penggunaan aplikasi kesehatan paling tinggi tercatat di Tiongkok dan India, dengan persentase pengguna mencapai 65% dan 63% masing-masing dalam tahun terakhir. Di posisi berikutnya, Indonesia juga menunjukkan angka penggunaan yang signifikan, dengan 57% dari responden mengatakan telah menggunakan aplikasi kesehatan. Kondisi ter