Rumah makan berupa UMKM di sektor F&B memiliki tantangan dalam mempertahankan daya saingnya. Mbok Galak mengalami penurunan penjualan akibat tidak adanya strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan menu dan hubungan antar menu menggunakan algoritma K-Means yang bekerja dengan mengelompokan menu berdasarkan kesamaan pola penjualannya dan FP-Growth dengan melihat kecenderungan dan hubungan dari menu, guna menghasilkan rekomendasi strategi pemasaran. Data penjualan selama 1 tahun dianalisis menggunakan K-Means dengan pendekatan Dynamic Time Warping untuk menghitung matriks jarak agar pola tren penjualan dari data dapat dianalisis dan Multidimensional Scaling untuk mengubah matriks jarak DTW ke bentuk yang bisa diolah algoritma K-Means. Data transaksi pelanggan sebanyak 641 transaksi dianalisis menggunakan algoritma FP-Growth untuk menemukan aturan asosiasi antar menu. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan MATLAB dan RapidMiner. Hasil clustering membagi menu ke dalam 5 klaster berdasarkan tren dan tingkat penjualan dengan melihat karakteristik menu berdasarkan jenis menunya, rata-rata keuntungan, rata-rata transaksi, dan fluktuasi transaksi. Hasil FP-Growth berupa kombinasi menu yang sering dibeli bersamaan, terdapat sebanyak 16 aturan asosiasi yang terbentuk dengan menggunakan threshold minimum support 0.7 dan minimum confidence 0.9, serta nilai lift ratio ? 1. Berdasarkan hasil analisis, disusun strategi pemasaran berupa bundling dan promo untuk membantu meningkatkan daya saing Mbok Galak.