ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PADA MOBIL HYBRID DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PARTIAL LEAST SQUARES SRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ADITYA AYU CAHYANING WIGATI

Informasi Dasar

167 kali
25.04.2729
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mobil hybrid hadir sebagai Solusi kendaraan masa depan yang ramah lingkungan, efisien dan menjadi alternatif transisi mobil berbahan bakar fosil menuju kendaraan Listrik penuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli (Green purchase intention) terhadap mobil hybrid di Indonesia. Model konseptual dalam penelitian ini dibangun dengan memadukan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Norm Activation Model (NAM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data di kumpulkan melali survey daring terhadap 512 responden yang memiliki keterkaitan pada kendaraan ramah lingkungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Green purchase attitude ? = 0,302 dan p-value = <0,001, dan Perceived behavioral control ? = 0,289 dan p-value = <0,001 berpengaruh signifikan terhadap minat beli mobil hybrid. Selain itu, Environmental concern dan Environmental responsibility memiliki pengaruh tidak langsung terhadap Green purchase intention melalui sikap dan kontrol perilaku. Perceived green value juga terbukti berkontribusi positif terhadap niat beli (? = 0,214 p-value < 0,01). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan konsumen untuk membeli mobil hybrid tidak hanya dipengaruhi oleh pertimbangan rasional, tetapi juga oleh faktor sikap, norma sosial, serta nilai nilai lingkungan. Oleh karena itu, pendekatan promosi yang menekankan keberlanjutan, kepedulian terhadap lingkungan, dan insentif penggunaan kendaraan hijau perlu menjadi strategi utama dalam mendorong adopsi mobil hybrid di Indonesia.

Kata Kunci: Lingkungan, Mobil hybrid, Minat beli, PLS-SEM.

Subjek

PURCHASE
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PADA MOBIL HYBRID DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PARTIAL LEAST SQUARES SRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYA AYU CAHYANING WIGATI
Perorangan
Silvi Istiqomah, Rizqa Amelia Zunaidi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri - Kampus Surabaya
Surabaya
2025

Koleksi

Kompetensi

  • BZK4BAA4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini