PERANCANGAN BAURAN PEMASARAN PADA USAHA LAUNDRY U MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

LAZUARDI AKBAR ANBIYA

Informasi Dasar

13 kali
25.04.4071
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan sektor jasa di Indonesia mengalami peningkatan pesat dan mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), termasuk Laundry U. Meskipun memiliki peluang pasar yang cukup besar, Laundry U menghadapi permasalahan dalam hal pemasaran yang belum optimal dan kurang konsisten sehingga berdampak pada pencapaian target penjualan. Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi bauran pemasaran yang tepat bagi Laundry U agar dapat meningkatkan daya saing dan kinerja usahanya. Metode yang digunakan meliputi analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari Laundry U, serta dukungan matriks IFE (Internal Factor Evaluation)  dan EFE (External Factor Evaluation) untuk mengidentifikasi faktor internal eksternal perusahaan. Dilakukan juga pemetaan posisi usaha dalam matriks IE (Internal-External) yang menunjukkan bahwa Laundry U berada pada kuadran V, mengindikasikan strategi “Hold and Maintain”, serta metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) digunakan untuk mengevaluasi dan menentukan strategi prioritas berdasarkan tingkat daya tarik masing-masing alternatif strategi. Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya sepuluh usulan strategi bauran pemasaran berdasarkan analisis SWOT. Dari sepuluh strategi tersebut, melalui analisis QSPM, terpilih tiga strategi utama yang menjadi prioritas implementasi berdasarkan nilai Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Laundry U, QSPM, Self-Service, SWOT, UMKM
 

Subjek

KEWIRAUSAHAAN
 

Katalog

PERANCANGAN BAURAN PEMASARAN PADA USAHA LAUNDRY U MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 106p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LAZUARDI AKBAR ANBIYA
Perorangan
Budi Praptono, Maria Dellarosawati Idawicaksakti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • TBBT37508 - INOVASI STRATEGI KEWIRAUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini