STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING RUMAH SAKIT KHUSUS JANTUNG MELALUI INTEGRASI BUSINESS MODEL CANVAS DAN MATRIKS SWOT (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT MELINDA CARDIO VASCULAR CENTER) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HELSA SAPUTRI MUNTHE

Informasi Dasar

97 kali
25.04.4679
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri kesehatan merupakan industri yang memiliki pengaruh besar, karena bersangkutan langsung terhadap kesejahteraan hidup masyarakat. Dengan didorong oleh berbagai faktor seperti kesadaran masyarakat terhadap kesehatan serta dukungan program jaminan kesehatan nasional, industri kesehatan telah mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan ini disertai dengan pertambahan jumlah unit kesehatan, sehingga berdampak pada persaingan bisnis yang semakin ketat di tengah industri kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan strategi baru bagi Rumah Sakit Melinda Cardio Vascular Center sekaligus mengidentifikasi keunggulan bersaing untuk menghadapi persaingan. Penyusunan strategi dilakukan dengan memanfaatkan Business model canvas (BMC) serta matriks SWOT. Metode penelitian yang diterapkan adalah dengan pendekatan kualitatif serta metode analisis deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pengumpulan data sekunder. Narasumber yang terlibat adalah sebanyak 4 (empat) orang. Uji kredibilitas yang digunakan adalah uji triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan Business Model Canvas (BMC) eksisting Rumah Sakit Melinda Cardio Vascular Center mencakup segmentasi pelanggan, berfokus dalam memberikan pelayanan prioritas, serta mendekati pelanggan melalui event. Berdasarkan matriks SWOT, strategi yang dirancang mencakup menonjolkan value prioritas dan asuransi pribadi dalam pemasaran, memanfaatkan sistem informasi dan kerja sama dengan pihak eksternal dalam pelatihan sumber daya manusia, melakukan kolaborasi dengan influencer dan media lain untuk jangkauan informasi yang lebih luas, serta menciptakan program loyalitas seperti kartu membership. Berdasarkan Business Model Canvas (BMC) eksisting dan strategi-strategi tersebut, direkomendasikan Business Model Canvas (BMC) baru yang menekankan fokus pada segmen pelanggan, kerja sama dengan influencer, media, dan trainer eksternal, serta menciptakan program loyalitas kartu membership untuk meningkatkan mutu pelayanan serta daya saing rumah sakit.

Subjek

BUSINESS STRATEGY-MANAGEMENT
 

Katalog

STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING RUMAH SAKIT KHUSUS JANTUNG MELALUI INTEGRASI BUSINESS MODEL CANVAS DAN MATRIKS SWOT (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT MELINDA CARDIO VASCULAR CENTER) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 94p.: il,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HELSA SAPUTRI MUNTHE
Perorangan
Mohammad Riza Sutjipto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini