PERAN PESAN PERSUASIF SOCIAL MEDIA INFLUENCER DALAM MEMBENTUK PURCHASE INTENTION DENGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI MEDIATOR - Dalam bentuk buku karya ilmiah

WILDAN ALFARIZI

Informasi Dasar

26 kali
25.05.595
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Di era digital yang berkembang pesat, social media influencer memiliki kemampuan untuk memengaruhi perilaku konsumen secara masif hanya melalui satu konten. Salah satu contohnya adalah meningkatnya permintaan terhadap produk parfum setelah direkomendasikan oleh influencer di TikTok, Niky Cu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif dari seorang influencer, terutama pesan yang bersifat mendesak dan melibatkan bukti sosial, dapat memicu respons emosional seperti fear of missing out (FOMO) dan membentuk purchase intention pengikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS), data diperoleh melalui kuesioner daring dengan jumlah 400 responden valid yang pernah terpapar konten influencer tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas pesan maupun daya tarik influencer berperan signifikan dalam memengaruhi FOMO dan purchase intention. Temuan ini menegaskan bahwa urgensi emosional dan pengaruh sosial menjadi faktor penting dalam strategi digital marketing, yang dapat mendorong keputusan pembelian secara spontan tanpa melalui proses pertimbangan yang mendalam.

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
 

Katalog

PERAN PESAN PERSUASIF SOCIAL MEDIA INFLUENCER DALAM MEMBENTUK PURCHASE INTENTION DENGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI MEDIATOR - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 112p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WILDAN ALFARIZI
Perorangan
Ratih Hasanah Sudradjat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KII6H3 - STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL
  • KII7C6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini