Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi public relations (PR) yang diterapkan oleh Pepper Lunch Indonesia dalam membangun awareness program “Saya Lansia Saya Aktif” melalui Instagram. Program ini merupakan bentuk inisiatif sosial dari Pepper Lunch untuk memberdayakan lansia dengan membuka kesempatan kerja bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan kerangka konsep dari Cutlip, Center, dan Broom (2009) yang mencakup tahapan: fact finding, planning, action and communicating, serta evaluating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pepper Lunch memanfaatkan storytelling, konten visual, dan komunikasi yang emosional melalui Instagram untuk menyampaikan pesan sosial. Meskipun tidak semua konten mendapatkan engagement tinggi, respons audiens terhadap konten cerita inspiratif menunjukkan keberhasilan pesan dalam menyentuh aspek emosional publik. Strategi PR yang dijalankan menjadi indikator terbangunnya awareness mengenai program “Saya Lansia Saya Aktif” melalui Instagram. Meskipun masih terdapat kekurangan dalam perencanaan dan pemetaan audiens secara terstruktur. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya evaluasi strategi secara berkala agar program sosial dapat berjalan lebih terarah dan berdampak luas melalui Instagram.
Kata Kunci: Awareness, Instagram, Pemberdayaan Lansia, Strategi Public Relations