Analisis E-Satisfaction Pelanggan Online Shopping Melalui Social Network di Wilayah Bandung Berdasarkan Information Quality, Merchandise Attributes, Convenience, dan Security Terhadap E-Loyalty

Junistira HS

Informasi Dasar

98 kali
112070057
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan online shopping melalui social network di wilayah Bandung sehingga dapat mempertahankan loyalitas pelanggan. Variabel yang digunakan dan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan online shopping adalah information quality, merchandise attributes, convenience dan security serta hubungan antara esatisfaction dengan e-loyalty.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 190 pelanggan online shopping di wilayah Bandung yang telah berbelanja minimum satu kali dalam satu tahun terakhir. Responden yang menjadi bagian dari penelitian ini adalah responden yang berbelanja melalui kaskus dan/atau facebook. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa semua hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya terbukti. Artinya variabel information quality, merchandise attributes, convenience dan security memiliki hubungan dengan esatisfaction. Selain itu, e-satisfaction juga terbukti memiliki hubungan dengan eloyalty. Menurut hasil pengolahan data, adapun variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah convenience.

Rekomendasi dirumuskan berdasarkan letak variabel dalam matriks Klein Grid untuk menentukan prioritas perbaikan. Adapun variabel yang mempunyai prioritas perbaikan tertinggi adalah security, convenience, dan merchandise attributes. Perumusan rekomendasi dilakukan berdasarkan benchmark dari kompetitor online shop seperti eBay.com, Amazon.com, Tokopedia.com, dan Webcipta.com. Adapun rekomendasi program yang diunggulkan adalah Penggunaan Sistem Transaksi Online Payment, Fast to Deliver, dan Occasional Event Merchandise. Online shop, online shopping, social network, e-satisfaction,

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Analisis E-Satisfaction Pelanggan Online Shopping Melalui Social Network di Wilayah Bandung Berdasarkan Information Quality, Merchandise Attributes, Convenience, dan Security Terhadap E-Loyalty
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Junistira HS
Perorangan
Dr. Yati Rohayati; Rahmasari Nung Yulianti, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini