Berkembangnya pengguna internet yang semakin pesat, menjadi pasar yang potensial untuk dimasuki para pelaku bisnis. Selain itu, dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, menciptakan peluang bagi perusahaan-perusahaan untuk menciptakan sebuah model bisnis elektronik yang dapat menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan masyarakat yaitu e-commerce. Perusahaan e-commerce yang terpopuler di Indonesia adalah Lazada.co.id dan Mataharimall.com. Kualitas website e-commerce dapat berpengaruh pada banyaknya pelanggan yang memutuskan untuk berbelanja pada e-commerce tersebut, untuk mengetahui tinggi rendahnya kualitas sebuah website tentunya mengacu pada sebuah standar. Dengan demikian, sebuah organisasi harus dapat melakukan cara terbaik dengan meningkatkan layanan website untuk dapat terus bersaing. Penelitian ini membandingkan website quality dari Lazada.co.id dan Mataharimall.com.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan kualitas website dan karakteristik responden dan alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden Lazada.co.id dan Mataharimall.com. Dari hasil penelitian ini maka terdapat perbedaan pada dimensi Usability, Information Quality, dan Service Interaction, dan terdapat perbedaan Website Quality pada kedua website tersebut. Lazada.co.id unggul dari Mataharimall.com pada ketiga dimensi Usability, Information Quality dan Service Interaction.