PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PEMESANAN HOTEL TRAVELOKA (STUDI KASUS: PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @EXPLOREBANDUNG)

RADEN FARIS FATHIN

Informasi Dasar

282 kali
21.04.3055
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi membuat perubahan perilaku konsumen offline shop menjadi online shop yang mempermudah konsumen. Kemudahan pada transaksi di bidang pariwisata salah satunya dengan munculnya online travel agent (OTA). Solusi yang ditawarkan OTA dapat mempermudah masyarakat melakukan pemesanan hotel maupun tiket transportasi. Salah satu OTA dengan peminat tertinggi yaitu Traveloka. Terjadi beberapa kekecewaan yang dirasakan oleh masyarakat saat transaksi pada OTA, seperti faktor keamanan dalam pembayaran, ketakutan akan resiko penipuan, dan kualitas dari barang atau jasa. Salah satu strategi agar konsumen mau bertransaksi secara online yaitu dengan electronic word of mouth dalam bentuk online consumer review dan rating. Konsumen dapat melihat ulasan langsung yang diberikan oleh pengguna lainnya. Traveloka menyediakan fitur online consumer review dan rating. Menurut penelitian terdahulu fitur tersebut dapat mempengaruhi minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai online customer review dan rating pada aplikasi pemesanan hotel Traveloka, serta untuk menganalisis pengaruh online customer review dan rating terhadap minat beli pada aplikasi pemesanan hotel Traveloka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan penyebaran kuesioner kepada 400 pengikut akun Instagram @explorebandung yang menggunakan Teknik sampling purposive sampling dengan kriteria pengikut akun Instagram @explorebandung yang pernah melakukan pemesanan hotel melalui Traveloka. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara online consumer review dan rating terhadap minat beli yang diuji dengan melakukan uji hipotesis. Selanjutnya, online consumer review dan rating mampu memberikan pengaruh pada variabel minat beli sebesar 37,7% sedangkan sisanya sebesar 62,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti dimensi lain online consumer review dan rating seperti Reviewer Expertise, Timeliness of online review, Volume of online review, Valence of online review, dan Comprehensiveness of online review dan meneliti variabel lain yang mempengaruhi minat beli pada aplikasi pemesanan hotel Traveloka. Serta penelitian ini memberikan saran kepada Traveloka agar dapat memaksimalkan penggunaan online consumer review dan rating dengan memaksimalkan penggunaan Top Review atau Ulasan Teratas dengan dapat menampilkan gambar agar pengguna lebih mudah dan cepat dalam membaca review dan memaksimalkan user experience agar memberikan kenyamanan pengguna dalam membaca online consumer review dan rating.

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PEMESANAN HOTEL TRAVELOKA (STUDI KASUS: PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @EXPLOREBANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADEN FARIS FATHIN
Perorangan
HEPPY MILLANYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini