PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATIFACTION DAN E-LOYALTY PELANGGAN JD.ID

KEVIN ANGGA SAPUTRA

Informasi Dasar

89 kali
23.04.058
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

JD.ID sebagai marketplace yang menjadi ecommerce terbaik di Indonesia namun pada faktanya mengalami penurunan dari segi kunjungan pengguna. E-loyalty merupakan komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat-sifat positif dan tercermin dalam pembelian berulang yang konsisten. Dalam konteks e-commerce, pelanggan yang loyal dianggap sangat berharga. Pelanggan yang loyal tidak hanya membutuhkan lebih banyak informasi untuk dirinya sendiri, tetapi mereka juga berfungsi sebagai sumber informasi bagi pelanggan lain.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction dan e-loyalty pelanggan JD.ID.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis konklusif (kausal). Penelitian ini melibatkan 400 orang responden yang merupakan pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia dan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan WarpPLS 7.0.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan e-service quality terhadap e-satisfaction pelanggan website JD.ID; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh yang signifikan e-service quality terhadap e-loyalty pelanggan website JD.ID; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan signifikan e-satisfaction terhadap e-loyalty pelanggan website JD.ID; (4) e-satisfaction mampu memediasi/intervening secara parsial pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty pelanggan website JD.ID.

Penelitian memberikan rekomendasi pada JD.ID untuk meningkatkan aspek-aspek yang masih memiliki nilai kurang misalnya: user-friendly pada variabel e-service quality agar website yang digunakan dapat mengurangi bug atau gangguan selama mengakses situs sehingga lebih mudah dimengerti dan mudah digunakan oleh konsumen, karena pada aspek ini yang memiliki nilai rata-rata terendah.

 

Kata Kunci: e-service quality, e-satisfaction, e-loyalty

 

Subjek

E-COMMERCE
SERVICE QUALITY,

Katalog

PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATIFACTION DAN E-LOYALTY PELANGGAN JD.ID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEVIN ANGGA SAPUTRA
Perorangan
Nurvita Trianasari, Mochamamad Yudha Febrianta
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini