Nyuci Dong merupakan salah satu UKM yang bergerak pada bidang pelayanan jasa cuci sepatu, didirikan pada 17 April 2018, UKM ini dipegang oleh 2 orang owner. Penjualan produk Nyuci Dong dari bulan Februari 2021 hingga Maret 2022 mengalami fluktuasi dan tidak mencapai target penjualan yang diharapkan. Jika dilihat dari perbandingan heart share jumlah followers Instagram dengan kompetitor, menunjukan bahwa Nyuci Dong memiliki jumlah heart share terendah dibanding dengan kompetitor. Selain itu penggunaan bauran komunikasi pemasaran Nyuci Dong belum diterapkan secara optimal.
Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang perbaikan program komunikasi pemasaran Nyuci Dong menggunakan metode benchmarking dan analytical hierarcy process (AHP). Metodologi perancangan pada Tugas Akhir ini dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap perancangan solusi, deskripsi mekanisme verifikasi, dan deskripsi mekanisme validasi hasil rancangan.
Rancangan perbaikan program komunikasi pemasaran yang diusulkan kepada Nyuci Dong ialah mengunggah posting konten di Instagram sebanyak 4 konten dalam seminggu, meningkatkan engagement rate hingga mencapai 4,26%, memperoleh presentase conversion rate website minimal 2%, memperoleh presentase bounce rate dibawah 40%, memperoleh nilai SEO sebesar 75%, Nyuci Dong menambah 1 jenis point of purchase display, menambah informasi pada packaging produk, menambah jumlah paket price bundling yang ditawarkan sebanyak 2-3 price bundling, memperluas cakupan area free shipping menjadi 7 km, mengikuti bazaar minimal 3 kali dalam waktu 1 tahun, mengikuti pameran minimal 1 kali dalam waktu 1 tahun dengan luas cakupan nasional, melakukan publikasi dengan media eksternal sebanyak 3-5 kali dalam waktu 1 tahun, melakukan penyebaran broadcast message ke 35 pelanggan untuk setiap bulannya, dan menambah jam operasional customer service menjadi 8 jam.