PERANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI NUJEK MENGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

DEYANA PRASTIKA PUTRI

Informasi Dasar

184 kali
23.04.1271
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nusantara Ojek adalah salah satu perusahaan penyedia layanan Ojek online di Indonesia. Berdasarkan data yang didapatkan dari Statista (2019) menunjukkan bahwa pendapatan transportasi online mengalami pertumbuhan dari tahun-tahun sebelumnya. Pertumbuhan pendapatan transportasi online rata-rata sebesar 15,76% pada 2019-2023, namun data yang didapatkan dari Nusantara Ojek menunjukkan adanya penurunan pengguna layanan transportasi online Nusantara Ojek yang signifikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelemahan yang dimiliki oleh layanan transportasi online Nusantara Ojek sehingga dapat memberikan rekomendasi perbaikan.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) hingga iterasi dua. Pada Quality Function Deployment iterasi pertama (House of Quality) bertujuan untuk menerjemahkan kebutuhan pengguna layanan transportasi online Nusantara Ojek ke dalam karakteristik teknis dengan mempertimbangkan kapabilitas perusahaan. Selanjutnya pada iterasi kedua (Part Deployment) bertujuan untuk menentukan Critical Part yang diprioritaskan. Rancangan perbaikan terhadap kualitas layanan transportasi online Nusantara Ojek didasarkan pada penggalian Voice of Customer, dan pada QFD iterasi pertama didapatkan output berupa 13 karakteristik teknis yang digunakan pada pengembangan dan penentuan konsep.

Pada tahap akhir terdapat 7 rekomendasi perbaikan yaitu terkait peningkatan persentase load capacity server, jenis maps, frekuensi upload iklan, konten iklan yang disediakan, fitur yang disediakan di dalam aplikasi, jenis media penyampaian keluhan dan jenis pembayaran digital yang disediakan untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi online Nujek.

Kata kunci: Nujek, Quality Function Deployment, Voice of Customer, Part Deployment, Critical Part.

Subjek

PERANCANGAN APLIKASI
MARKETING SERVICES,

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI NUJEK MENGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEYANA PRASTIKA PUTRI
Perorangan
Yati Rohayati, Agus Achmad Suhendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini