STUDI MINAT PENGGUNAAN APLIKASI PEMBAYARAN DIGITAL (OVO): PERSEPSI KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN

JASINDA SALSABILA NUGRAHANI

Informasi Dasar

159 kali
23.04.2979
658.8342
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan financial technology mengalami berbagai revolusi hingga berada di titik yang membuat fintech berkembang hingga memiliki berbagai macam jenis dan klasifikasinya. Salah satu contoh klasifikasi yang termasuk dalam fintech yaitu e-wallet. E-wallet adalah jenis penyimpanan keuangan dalam bentuk digital yang kini lebih digemari dan digunakan oleh masyarakat dibandingkan dengan mobile banking. E-wallet mulai digunakan dan populer sejak adanya pandemi Covid-19 yang membuat e-wallet ini semakin dikenal dan berkembang. Salah satu brand e-wallet terbesar di Indonesia yaitu OVO. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Minat Penggunaan pada Aplikasi Pembayaran digital OVO dengan menggunakan variabel Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan.

Jenis metode penelitian kuantitatif yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kausal. Kemudian teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dan sampling purposive dengan 400 responden. Sedangkan teknik analisis dan pengujian data yang akan digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian untuk analisis deskriptif yaitu variabel Persepsi Kemudahan sebesar 83,9%, Fitur Layanan sebesar 81,6%, Kepercayaan sebesar 83,5%, dan Minat Penggunaan sebesar 83,3%. Keempat variabel tersebut masing-masing termasuk dalam kategori baik. Kemudian untuk hasil penelitiannya menunjukkan bahwa variabel Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Kepercayaan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital OVO.

Kata kunci: Financial Technology, Persepsi Kemudahan, Fitur layanan, Kepercayaan, Minat Penggunaan

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

STUDI MINAT PENGGUNAAN APLIKASI PEMBAYARAN DIGITAL (OVO): PERSEPSI KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JASINDA SALSABILA NUGRAHANI
Perorangan
Budi Rustandi Kartawinata
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KBI2L3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini