ABSTRAK
Meningkatnya penggunaan teknologi di lingkungan masyarakat semakin hari semakin maju pesat. Penggunaan teknologi telah banyak dilakukan pada setiap bidang salah satunya pada bidang Pemerintahan. Pada bidang Pemerintahan ditandai dengan kehadiran teknologi E-Government. Penggunaan E-Government telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang yakni Diskominfo Kabupaten Karawang sebagai sarana untuk memberikan ruang informasi, dan juga komunikasi. Diskominfo Kabupaten Karawang menggunakan aplikasi Tangkar sebagai sarana untuk pengaduan dan informasi. Peran strategi komunikasi pada Diskominfo untuk menyosialisasikan aplikasi Tangkar sangat diperlukan untuk menarik perhatian masyarakat Karawang, dan mengingatkan kepada masyarakat Karawang terkait aplikasi Tangkar. Pada penelitian ini memiliki tujuan yakni strategi komunikasi yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Karawang dalam menyosialisasikan aplikasi tangkar sebagai sarana pengaduan Masyarakat di Kabupaten Karawang. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan yakni Kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan Diskominfo Kabupaten Karawang hanya menjalin kegiatan sosialisasi Tangkar pada strategi komunikasi Diskominfo Kabupaten Karawang. Proses sosialisasi aplikasi Tangkar dilakukan melalui tahap penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, dan pelaporan.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Diskominfo Kabupaten Karawang, Aplikasi Tangkar, E-Government