Komunikasi lisan, yang dikenal sebagai "word of mouth", dianggap sebagai salah satu sarana komunikasi massa yang paling luas dan penting bagi pelanggan. Hal ini dapat mempengaruhi pilihan tempat membeli, produk yang dibeli, serta pendapat pelanggan terhadap barang dan jasa tertentu. Sebagaijenis komunikasi massa, positif word of mouth dapat terjadi ketika pelanggan telahmemiliki brand commitment yang dimediasi oleh brand image dan brand love.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari brand image dan brand love terhadap brand commitment serta word of mouth yang positif secara empiris. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan objek Somethinc dengan sampel berupa konsumen produk Somethinc.
Metode yang dipakai pada penelitian ini merupakan metode deskriptif dan kuantitatif menggunakan Partial Least Squares. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan sekala ordinal. Karakteristik responden pada penelitian ini mayoritas pengguna produk somethinc dengan persentase jenis kelamin perempuan sebanyak 95,2%, usia 21-24 tahun 57,4%, dan memiliki pekerjaan sebagai mahasiswa sebanyak 67%.
Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan signifikan antara brand image terhadap brand love, brand commitment, dan positive WOM, hubungan positif antara brand love terhadap brand commitment dan positive WOM, serta hubungan positif brand commitment terhadap positive WOM.
Penelitian ini menunjukkan bahwa rasa cinta pelanggan pada merek dipengaruhi oleh brand image yang positif sehingga dapat meningkatkan komitmen pelanggan terhadap merek tersebut. Pelanggan yang telah memiliki komitmen dan cinta terhadap merek tersebut akan memberikan WOM yang positif pada pelanggan lainnya.
Kata Kunci: Brand Image, Brand Love, Brand Commitment, Word of Mouth, Somethinc