PENERAPAN METODE DESIGN THINKING TERHADAP PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA TEEFEES COLLECTION

WENDIA PUTRA PAPUTUNGAN

Informasi Dasar

296 kali
23.04.3858
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri fesyen memiliki pertumbuhan dan peningkatan yang pesat di Indonesia. Tercatat jumlah transaksi industri fesyen memiliki nilai yang paling tinggi dibandingkan produk lain yang dijual di e-commerce dengan mencapai 22% dari total belanja di e-commerce sepanjang 2022. Dan juga dijadikan prioritas pada program Making Indonesia 4.0. Namun, seiring bertumbuhnya industri fesyen mengakibatkan persaingan yang banyak dari kompetitor. Sehingga banyak industri yang harus melakukan inovasi untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi pemasaran menggunakan metode design thinking agar dapat meningkatkan penjualan Teefees Collection dan memenangkan persaingan dari para kompetitor. Metode design thinking digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini, yang terdiri dari lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data primer melalui wawancara terhadap pihak internal dan pihak eksternal Teefees Collection yang dilakukan pada tahap empathize. Dan kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah pada tahap define. Masalah tersebut akan diatasi dengan menemukan ide pada tahap ideate. Selanjutnya ide yang ditemukan dibuat prototype. Tahap terakhir, protoype yang dibuat akan di evaluasi pada tahap test. Dengan bantuan design thinking, hasil penelitian ini adalah pembuatan desain kemasan baru yang lebih menarik, strategi promosi seperti Upload and Get Discount (UGD), membership e-card, mixed bundling, dan diskon di hari khusus. Selain itu, pembuatan content planning pada Instagram, dan mengikuti pelatihan karyawan divisi pemasaran. Berdasarkan hasil evaluasi, peneliti menyarankan Teefees Collection perlu mengubah kemasan dengan warna cerah, dan menyertakan instruksi penyucian dan akun media sosial, serta menambahkan karyawan baru yang khusus dalam tim pemasaran dan memasukkan modul pelatihan pemasaran digital untuk karyawan, dan terakhir melakukan evaluasi berkala terhadap strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh Teefees Collection.

Subjek

STRATEGY MARKETING
DESIGN THINGKING,

Katalog

PENERAPAN METODE DESIGN THINKING TERHADAP PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA TEEFEES COLLECTION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WENDIA PUTRA PAPUTUNGAN
Perorangan
Jurry Hatammimi, Arien Arianti Gunawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3A3 - DESIGN THINKING
  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini