MOOC (Massive Open Online Courses) adalah Platform yang memungkinkan seseorang dapat belajar secara mandiri serta dapat diakses oleh siapa saja. Permasalahan terkait Usability berupa User Interface dan User Experience yang belum pernah diteliti menyebabkan peserta MOOC LATSAR CPNS tidak dapat memahami fitur dan melewatkan informasi penting dalam proses pembelajaran diklat. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah dengan memberikan rekomendasi perancangan yang menghasilklan Interface berdasarkan pengalaman pengguna dan sesuai rekomendasi Usability Checklist for MOOCs yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan User khususnya Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (LATSAR CPNS) di Diklat Sumedang. Perancangan MOOC LATSAR, dilakukan dengan menggunakan metode Goal Directed Design (GDD), Tahapan pada metode Goal Directed Design (GDD) terdiri dari 6 tahapan, yaitu tahapan Research, Modelling, Requirement, Framework Definition, Refinement, dan Support. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Usability testing menggunakan metode Think-Aloud yang diadaptasikan pada Usability Checklist for MOOCs dan User Experience Questionnaire (UEQ).Hasil yang didapatkan adalah rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi akhir dan (UEQ) User Experience Questionnaire didapatkan nilai rata-rata Attractiveness (daya tarik) mendapatkan nilai mean 1.72, Perspicuity (kejelasan) mendapatkan nilai mean 1.60, Efficiency (efisien) mendapatkan nilai mean 1.63, Dependability (ketepatan) mendapatkan nilai mean 1.68, Stimulation (Stimulasi) mendapatkan nilai mean 1.53, Novelty (kebaruan) sebesar 1.35 sehingga didapatkan nilai indikator Good dan melalui pengujian kepada pengguna sesuai dengan 11 task skenario metode Think-Aloud didapatkan 16 permasalahan ditemukan oleh pengguna .