PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING PRODUK SEPATU BRAND XYZ BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN SWOT ANALYSIS

ROSA VIRGINIA CAHYANINGTYAS

Informasi Dasar

127 kali
23.04.4432
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang meningkat memiliki peranan yang penting pada kehidupan masyarakat. Jumlah UMKM khususnya pada Provinsi Jawa Barat mengalami peningkatan dan membuktikan bahwa produk UMKM bidang fashion menjadi segmen penting dari industri nasional. Namun, peningkatan pada jumlah UMKM juga mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam merebut pasar yang dituju. Salah satu UMKM yang terkena dampak persaingan adalah Brand XYZ. Brand XYZ merupakan UMKM yang dibentuk Tahun 2008, Cimahi, Jawa Barat dan berfokus di bidang fashion, dengan produk unggulan berupa sepatu. Brand XYZ pada Tahun 2022 mengalami penurunan secara terus menerus terutama pada tiga bulan terakhir. Salah satu faktor penyebab penurunan penjualanan adalah rendahnya heart share konsumen terhadap Brand XYZ dibandingkan dengan kompetitor lain. Brand XYZ belum mengkomunikasikan keunggulannya pada pasar, sehingga target yang dituju kesulitan untuk mengidentifikasi dan menyebabkan Brand XYZ ini belum memiliki penjualan yang signifikan. Dengan masalah yang ada, Brand XYZ dapat memperbaikinya dengan merancang strategi positioning yang efektif. Metode yang digunakan Tugas Akhir ini adalah multidimensional scaling (MDS) dan analisis SWOT yang menghasilkan perceptual mapping yang tiap brandnya menempati titik khusus, Masing-masing persepsi dipilih dalam satu peta untuk dilihat keungguluan dan kelemahan dari masing-masing produk. Analisis SWOT pada Tugas Akhir ini ditujukan untuk membantu merumuskan strategi berdasarkan hasil perceptual mapping. Atribut brand fashion sepatu yang digunakan pada Tugas Akhir ini adalah kualitas bahan, harga produk, popularitas brand, variasi model, variasi warna, packaging, variasi ukuran, details produk, promosi produk, media penjualan produk, dan kenyamanan. Terdapat tujuh brand fashion sepatu pada Tugas Akhir ini yang terdiri dari Brand XYZ, TZS Zenzy, MKS, Donatello, PVN, JustLook, dan Sovella. Kata kunci —Positioning, Multidimensional Scaling, Analisis SWOT, Perceptual mapping, Brand Fashion Sepatu

Subjek

POSITIONING-MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING PRODUK SEPATU BRAND XYZ BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN SWOT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROSA VIRGINIA CAHYANINGTYAS
Perorangan
Sari Wulandari, Agus Achmad Suhendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini