Faeyza Blossom merupakan bisnis dibidang industri kreatif yang memproduksi berbagai macam buket berbahan dasar bunga potong yang dibentuk sekreatif mungkin. Faeyza Blossom mulai berdiri dari tahun 2017 dan berlokasi di kota Tasik, seiring berjalannya waktu pembuatan buket memiliki berbagai macam bentuk seperti, buket makanan ringan, buket uang, dll. Usaha pembuatan buket ini memanfaatkan kreativitas untuk menghasilkan keuntungan bagi pelaku usaha. LPEI mencatat ekspor tanaman hias Indonesia pada tahun 2021 menyentuh angka 10,77 juta dolar AS, terpantau tumbuh 69,73 persen. Komponen ekspor tanaman hias Indonesia didominasi oleh produk bunga potong segar dengan porsi 26,92%, kemudian tanaman lumut moss sebesar 22,54%, dan tanaman hias jenis lainnya sebesar 50,53%. Permintaan bunga di Indonesia juga tergolong cukup tinggi, biasanya bunga digunakan masyarakat dalam acara-acara penting atau perayaan seperti pernikahan, ulang tahun, dan kelulusan. Beberapa jenis bunga yang diminati oleh masyarakat seperti Melati, anggrek, mawar, kamboja, aster, kembang sepatu, kenanga, matahari, krisan, tulip, dan masih banyak lagi.
Tetapi UKM Faeyza Blossom memiliki kendala dalam pelaksanaan bisnisnya yaitu pendapatan usaha Faeyza Blossom tidak mencapai target perbualannya. Selain itu menurut observasi yang telah dilakukan kepada pemilik usaha dan pelanggan didapatkan pilihan produk yang disediakan oleh usaha Faeyza Blossom kurang bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis konjoin dengan full-profile approach yang bertujuan untuk memperbaiki atribut produk sesuai dengan preferensi Kosumen. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa atribut yang paling dianggap penting oleh konsumen saat membeli produk buket bunga adalah atribut harga, disusul oleh atribut fitur kemudian material, kemasan, dan desain. Selain itu didapatkan juga rekomendasi rancangan atribut produk Faeyza Blossom yaitu buket bunga dengan harga Rp 100.000 – Rp 200.000, fitur additional money, material bunga segar, kemasan large (30cm x 30cm x 10cm), dan desain boxed bouquet.
Kata kunci – [analisis konjoin, Preferensi Konsumen, full profile, dan Faeyza Blossom]