Raxsa.co Apparel merupakan sebuah konveksi kreatif dan inovatif yang berada di Yogyakarta dan didirikan pada tanggal 1 September 2018. Raxsa.co Apparel telah menjual berbagai produk berupa hoodie, jaket, kemeja, polo, dan T-shirt yang menjadi produk yang paling banyak dipesan dengan presentasi sebesar 66%. Berdasarkan data penjualan pada tahun 2022 ditemukan bahwa penjualan Raxsa.co Apparel tidak stabil sehingga tidak memenuhi target penjualan, hal tersebut dikarenakan adanya kelemahan terkait model, motif, warna, bahan, dan fitting pada T-shirt Raxsa.co Apparel. Kelemahan tersebut akan berdampak serius jika pihak Raxsa.co Apparel tidak segera mengambil tindakan untuk memperbaiki kualitas produknya. Perbaikan kualitas produk dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi konsumen terkait T-shirt yang akan diproduksi oleh Raxsa.co Apparel agar sesuai dengan kemauan pasar dan menarik minat pelanggan.
Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk T-shirt sehingga dapat melakukan perancangan perbaikan produk T-shirt Raxsa.co Apparel menggunakan metode analisis konjoin sehingga dihasilkan produk yang akan lebih disukai konsumen. Dengan menggabungkan studi literatur dan survei pendahuluan yang berkaitan dengan kekhawatiran konsumen mengenai produk T-shirt Raxsa.co Apparel serta dilajutkan dengan diskusi bersama pihak perusahaan, maka atribut yang terpilih yaitu bahan, harga, fitting, model, motif, dan warna. Atribut tersebut terpilih sebagai atribut yang akan digunakan pada penelitian tugas akhir ini dan diharapkan dapat meminimalisir kekhawatiran konsumen mengenai produk T-shirt Raxsa.co Apparel.
Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan metode analisis konjoin teridentifikasi atribut dan level atribut produk T-shirt Raxsa.co Apparel sesuai dengan preferensi konsumen yaitu atribut fitting dengan level atribut regular fit dan oversize, atribut warna dengan level atribut neutral, atribut harga dengan level atribut < Rp100.000 (kurang dari Rp100.000), atribut bahan dengan level atribut cotton combed 24S, atribut model dengan level atribut short sleeve, dan atribut motif dengan level atribut polos. Selain itu dapat
dilakukan perbandingan antara level atribut eksisting T-shirt Raxsa.co Apparel dan level atribut sesuai dengan preferensi konsumen. Adapun level atribut eksisting T-shirt Raxsa.co Apparel yaitu atribut fitting dengan level atribut regular fit, atribut warna dengan level atribut dark, atribut harga dengan level atribut Rp75.000 – Rp100.000, atribut bahan dengan level atribut cotton combed 30S, atribut model dengan level atribut short sleeve, dan atribut motif dengan level atribut bergambar. Dalam mempersiapkan implementasi rancangan perbaikan produk, Raxsa.co Apparel perlu memerhatikan beberapa hal seperti mengatur biaya produksi sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan, teknik produksi yang tepat untuk proses pewarnaan t-shirt dengan warna baru dan fitting oversize dengan range size yang sesuai, sumber daya manusia yang memadahi dengan memberikan training kepada para karyawan tentang proses produksi t-shirt yang sesuai dengan hasil rancangan, serta material baru yang memiliki kualitas bagus sehingga hasil produksi sesuai dengan preferensi konsumen. Oleh karena itu rencana implementasi hasil rancangan diestimasi membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan sehingga Raxsa.co Apparel akan mulai memasarkan produk perbaikan t-shirt yang sesuai dengan preferensi konsumen pada awal tahun depan yaitu Januari 2024.
Hasil rancangan dari penelitian tugas akhir ini dapat dijadikan rekomendasi perbaikan atribut produk T-shirt Raxsa.co Apparel sesuai dengan preferensi konsumen yaitu atribut fitting dengan level atribut regular fit dan oversize, atribut warna dengan level atribut neutral, atribut harga dengan level atribut < Rp100.000 (kurang dari Rp100.000), atribut bahan dengan level atribut cotton combed 24S, atribut model dengan level atribut short sleeve, dan atribut motif dengan level atribut polos.