PERANCANGAN MODEL BISNIS NASI BAKAR BYAYUSSA MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ADITYA AZRIEL FADHILAH

Informasi Dasar

319 kali
24.04.2264
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nasi Bakar ByAyussa merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah pada sektor kuliner yang menjual nasi bakar yang berdiri pada Juli tahun 2021. Nasi Bakar ByAyussa memiliki masalah yaitu seringnya terjadi kegagalan dalam mencapai target pendapatan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi, seperti penetapan harga yang lebih tinggi dari pesaing, banyaknya kompetitor yang menjual produk sama, kurangnya jumlah karyawan, keterbatasan produk jadi, ketidakmampuan menyediakan tempat makan, keterbatasan produk minuman, kurangnya aktifitas dalam media sosial, dan promosi yang hanya menggunakan satu media. Untuk itu, dilakukan evaluasi model bisnis menggunakan metode Business Model Canvas dan menggunakan metode pendukung lainnya, yaitu analisis SWOT, matriks SWOT, dan Value Proposition Canvas. Tahap pertama dilakukan identifikasi masalah dengan melakukan wawancara dengan pemilik usaha untuk model bisnis eksisting, data customer profile didapatkan dengan cara menyebar kuisioner kepada konsumen dan melakukan analisis lingkungan bisnis dengan cara studi literatur, selanjutnya dilakukan analisis SWOT untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman baik internal maupun eksternal, dan dilakukan identifikasi terkait value proposition canvas untuk mendapatkan strategi usulan. Terdapat beberapa usulan yang dapat menyelesaikan permasalahan, yaitu pada blok value proposition menambahkan menu minuman, menambah fasilitas dine in, dan menambah ketersediaan produk jadi. Meningkatkan promosi pada media sosial lainnya media promosi hanya dilakukan pada instagram dan menambah marketplace pada blok channels. Pada blok customer relationship manambah menu bundling. Melakukan peningkatan penjualan baik online maupun offline pada blok revenue streams. Pada blok key activities meningkatkan produksi produk dan meningkatkan pemasaran di media sosial. Menjalin kerjasama dengan supplier pada blok key partners dan pada blok cost structure menambahkan biaya fasilitas dine in dan bahan baku.

Subjek

Management strategic
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL BISNIS NASI BAKAR BYAYUSSA MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYA AZRIEL FADHILAH
Perorangan
Sinta Aryani, Meldi Rendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini