PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG YANG DIMEDIASI OLEH EKONOMI KREATIF PADA NGARSOPURO NIGHT MARKET DAN STREET ART MARKET DI KOTA SURAKARTA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD ASLAMY AL KAUTSAR

Informasi Dasar

170 kali
24.04.2881
330
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung di Kota Surakarta dengan ekonomi kreatif sebagai variabel mediasi. Kota Surakarta dikenal dengan kota budaya serta kota seniman. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana elemen-elemen ini berkontribusi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Pendahuluan menjelaskan pentingnya pariwisata dalam perekonomian Indonesia dan daya tarik wisata spesifik di Kota Surakarta, yaitu Ngarsopuro Night Market, dan Street Art Market. Tinjauan pustaka mendalami teori dan studi sebelumnya tentang pariwisata, daya tarik wisata, dan ekonomi kreatif, membangun kerangka kerja untuk memahami keterkaitan dan dampaknya terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Metodologi menjelaskan desain penelitian, populasi, sampel, metode pengumpulan data, dan teknik analisis yang digunakan untuk memeriksa hubungan tersebut. Hasil penelitian menyoroti efek positif yang signifikan dari daya tarik wisata dan ekonomi kreatif dalam menarik wisatawan ke Surakarta, memberikan bukti statistik yang mendukung hipotesis. Kesimpulan merangkum temuan utama, menekankan peran daya tarik dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan pariwisata, dan memberikan rekomendasi bagi pemangku kepentingan untuk meningkatkan segala daya tarik pada wisata Kota Surakarta sebagai destinasi wisata. Rekomendasi ini termasuk memperkuat kerjasama antara pengrajin lokal, pelaku bisnis, dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan promosi dan pengembangan produk wisata. Dengan demikian, Surakarta dapat lebih dikenal sebagai kota yang kaya akan warisan budaya serta kreativitas yang mampu menarik lebih banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
 
Kata Kunci: daya tarik wisata, ekonomi kreatif, keputusan berkunjung kota Surakarta

 

Subjek

ECONOMIC
 

Katalog

PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG YANG DIMEDIASI OLEH EKONOMI KREATIF PADA NGARSOPURO NIGHT MARKET DAN STREET ART MARKET DI KOTA SURAKARTA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ASLAMY AL KAUTSAR
Perorangan
Deden Syarif Hidayatulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3S4 - EKONOMI KREATIF
  • SM592014 - EKONOMI KREATIF

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini