Kebudayaan bisa menjadi sebuah konsep yang diadopsi dalam bentuk perancangan typeface sebagai salah satu keilmuan Desain Komunikasi Visual (DKV), contohnya seperti elemen budaya daerah hingga adat kebiasaan masyarakat setempat. Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan merupakan hasil yang diperoleh dari proses belajar, meliputi wujud ideal, sistem sosial, dan wujud fisik seperti hasil karya manusia.
Penelitian dilakukan di Malang dalam upaya menggali informasi mengenai budaya terkait dengan metode kualitatif serta pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual (DKV). Pengumpulan data berupa studi literatur, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada narasumber ahliseperti budayawan yang mewakili pihak pemerintahan daerah Kota Malang dan asosiasi desainer grafis seperti Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang.
Perancangan typeface ini bertujuan untuk memberikan perwajahan baru kepada identitas Kota Malang yang bersumber pada latar belakang budaya. Hal ini dilakukan dalam upaya membranding daerah Kota Malang yang diharapkan bisa membantu masyarakat dalam menunjukkan identitas daerah yang mewakili Kota Malang dan membantu masyarakat dalam kebutuhan desain, baik untuk media promosi, destinasi wisata, dan kebutuhan media lainnya, juga membuat masyarakat lebih umum dan terbiasa dengan typeface daerah.
Kata kunci: Kebudayaan Kota Malang, Identitas Daerah, Typeface