PT Pos Indonesia (Persero) merupakan perusahaan yang berfokus pada layanan pos dan logistik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pengembangan kompetensi dan sistem remunerasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta efeknya terhadap kinerja karyawan di perusahaan tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fluktuasi dalam kepuasan dan kinerja karyawan, yang menunjukkan adanya ketidakpuasan terhadap pengembangan kompetensi dan sistem remunerasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif menggunakan analisis deskriptif. Metode yang digunakan untuk meneliti sampel adalah survei kepada 84 karyawan Kantor Pusat Bandung PT Pos Indonesia (Persero). Sampel diambil menggunakan teknik stratified random sampling dan diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi dan sistem remunerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara spesifik, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh antara pengembangan kompetensi dan sistem remunerasi terhadap kinerja karyawan.