PERANCANGAN SEGMENTASI PASAR PRODUK KOPI LITERAN DI BANDUNG MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING UNTUK PELUNCURAN PRODUK BARU UMKM X - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YAYANG PUTRI AZZAHRA

Informasi Dasar

149 kali
24.04.4451
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Produksi kopi di Indonesia mengalami peningkatan signifikan, menjadikannya produsen kopi terbesar ketiga di dunia. Pandemi COVID-19 memberikan tantangan besar bagi industri kopi, terutama kedai kopi yang mengalami penurunan penjualan drastis. Banyak pelaku usaha beralih ke penjualan daring dan layanan pesan antar. Setelah pandemi, permintaan produk kopi dalam botol berukuran 1 liter meningkat, seiring dengan bertumbuhnya kedai kopi dan kafe. UMKM X, usaha yang berfokus pada penjualan kopi, berusaha memanfaatkan peluang ini dengan meluncurkan produk kopi literan melalui platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Activity, Interest, Opinion (AIO) dalam segmentasi pasar, serta metode K-Means Clustering untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan aktivitas, minat, dan opini mereka. Data dikumpulkan dari 192 responden, yang terdiri atas konsumen yang pernah mengonsumsi atau membeli kopi literan di Bandung. Hasil penelitian mengidentifikasi tiga segmen utama dengan karakteristik berbeda. Klaster 1 adalah perempuan muda, pelajar/mahasiswa dengan daya beli rendah (Social Drinker), menghabiskan kurang dari Rp200.000 per bulan dan minum kopi tidak teratur. Klaster 2 adalah perempuan usia 26–30 tahun, bekerja dengan daya beli tinggi (Coffee Addict), menghabiskan lebih dari Rp500.000 per bulan dan minum kopi setiap hari. Klaster 3 adalah lakilaki 26–30 tahun, bekerja dengan daya beli sedang (Occasional Drinker), menghabiskan Rp300.000–Rp400.000 per bulan dan minum kopi 4–6 kali seminggu. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Klaster 2 adalah segmen paling potensial untuk dieksplorasi oleh UMKM X. Konsumen dalam klaster ini memiliki daya beli tinggi, konsumsi kopi konsisten, dan kecintaan mendalam terhadap kopi. Penelitian ini bertujuan merancang segmentasi pasar yang tepat untuk produk kopi literan UMKM X di Bandung guna meningkatkan daya saing.

Subjek

INDUSTRIAL MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN SEGMENTASI PASAR PRODUK KOPI LITERAN DI BANDUNG MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING UNTUK PELUNCURAN PRODUK BARU UMKM X - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 139p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YAYANG PUTRI AZZAHRA
Perorangan
Yati Rohayati, Sari Wulandari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini