ANALISIS PERBAIKAN PROSES BISNIS PADA PT ALMANSOUR TOUR AND TRAVEL MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MANAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD ZHAHNUR ARIF

Informasi Dasar

279 kali
25.04.2629
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peningkatan permintaan ibadah umroh di Indonesia memicu tantangan bagi perusahaan travel seperti PT Almansour Tour & Travel dalam mengoptimalkan proses bisnis yang masih dilakukan secara manual. Adapun permasalahan pada PT Almansour Tour & Travel yaitu proses bisnis pendaftaran umroh, pengelolaan data jemaah, pembagian informasi, promosi di media sosial, penjualan melalui affiliate, dan pembagian ujroh yang menyebabkan proses bisnis yang kurang efisien dan efektif. Permasalahan ini menyebabkan kerugian pada waktu dalam pelayanan customer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memperbaiki proses bisnis di PT Almansour Tour & Travel dengan mengimplementasikan pendekatan Business Process Management (BPM). Untuk mencapai tujuan tersebut, pada penelitian ini dilakukan identifikasi area yang perlu diperbaiki melalui pemetaan proses bisnis as-is, perancangan model proses yang lebih efisien (to-be), serta pemanfaatan sistem informasi berbasis web untuk meningkatkan pengelolaan data dan layanan kepada jemaah. Pemetaan proses as-is seperti pendaftaran umroh, pengelolaan data jemaah, pembagian informasi, promosi di media sosial, penjualan melalui affiliate, dan pembagian ujroh dilakukan untuk memahami alur kerja saat ini. Model to-be dirancang dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip BPM. Sistem website dimanfaatkan untuk memastikan bahwa solusi teknologi memenuhi kebutuhan operasional. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, hingga analisis hasil simulasi. Setelah itu dilakukan implementasi dan evaluasi pasca-implementasi untuk menilai efektivitas sistem baru. Penerapan BPM dan sistem informasi yang tepat dapat memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan produktivitas dan kualitas layanan di PT Almansour Tour & Travel, khususnya dalam meningkatkan kinerja operasional dan memberikan pengalaman ibadah yang lebih baik bagi jemaah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efisiensi waktu melonjak sebesar 25237.5% pada proses bisnis promosi di media sosial,  efisiensi waktu proses bisnis pendaftaran umroh sebesar 68.47%, efisiensi sumber daya manusia sebesar 40% untuk proses bisnis pembagian ujroh dan proses bisnis lainnya juga ada yang mengalami kenaikan dan penurunan efisiensi. Sistem website solusiumroh.id dan rancangan model to-be menggunakan BPM telah diimplementasikan dan berhasil memecahkan permasalahan utama.

Subjek

BUSINESS PROCESS MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PERBAIKAN PROSES BISNIS PADA PT ALMANSOUR TOUR AND TRAVEL MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MANAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ZHAHNUR ARIF
Perorangan
Raulia Riski, Alifiansyah Arrizqy Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi - Kampus Surabaya
Surabaya
2025

Koleksi

Kompetensi

  • BBK4AAB2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • BBK2CAB3 - PEMODELAN PROSES BISNIS
  • BBK2NAB3 - Rekayasa Proses Bisnis
  • BZK4BAA4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini