Wirausaha wanita telah berperan penting dalam pembangunan ekonomi sehingga dapat mengangkat status sosial dan meningkatkan kesejahteraan mereka, baik kesejahteraan keluarga maupun kesejahteraan ekonomi. Pembangunan ekonomi akan tercapai jika kegiatan perekonomian berjalan dengan baik dan salah satu penopang perekonomian yang memiliki posisi penting adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jumlah perempuan berumur 10 tahun ke atas yang menjadi wirausaha di Kota Bandung memperlihatkan pertumbuhan setiap tahunnya. Pertumbuhan ini tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor yang memotivasi mereka untuk berwirausaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi wanita pengusaha pelaku UMKM di Kota Bandung untuk menjadi wirausaha dan faktor apa yang paling dominan dalam memotivasi wanita untuk menjadi wirausaha.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 200 pengusaha wanita UMKM di Kota Bandung. Pemilihan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode convenience sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor.
Berdasarkan hasil analisis faktor, diketahui terdapat empat faktor yang menjadi motivasi wanita untuk menjadi wirausaha yang terbentuk berdasarkan angka eigenvalues yang lebih besar dari 1, yaitu faktor economic and personal interest (minat ekonomi dan minat pribadi), faktor opportunities (peluang yang ada), faktor self-achievement (pencapaian pribadi) dan faktor external (eksternal). Faktor yang paling dominan adalah faktor economic and personal interest (minat ekonomi dan minat pribadi).
Kata kunci: motivasi; wirausaha wanita; pengusaha wanita; usaha mikro kecil menengah; UMKM; Bandung.