PERANCANGAN STRATEGI POSITIONING LINKAJA BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) DAN SWOT ANALYSIS

NOVREYNA LUDMILLA ALDA

Informasi Dasar

148 kali
20.04.2313
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

LinkAja adalah salah satu aplikasi mobile payment yang merupakan representasi dari gabungan beberapa BUMN dan telah memperoleh izin dari OJK dan Bank Indonesia. Saat ini, LinkAja mengalami beberapa gejala permasalahan. Gejala tersebut diantaranya adalah nilai transaksi pada aplikasi LinkAja hanya sebesar 1% dibandingkan aplikasi mobile payment lainnya, brand awareness pengguna aplikasi mobile payment terhadap aplikasi LinkAja, dan juga rendahnya tingkat diferensiasi aplikasi LinkAja dengan aplikasi lainnya. Berdasarkan gejala-gejala tersebut maka dapat disimpulkan bahwa brand LinkAja lemah dalam persepsi pelanggan aplikasi mobile payment. Salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi persaingan selain melakukan pengembangan secara berkelanjutan, yaitu membangun competitive differentiation dengan cara merancang dan melakukan strategi positioning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menentukan atribut-atribut mobile payment yang digunakan pada perceptual mapping aplikasi mobile payment yaitu keamanan, kelengkapan fitur, informasi tawaran produk/promo, persepsi kenyamanan, tampilan menarik, banyaknya merchant, kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, kemudahan transaksi, kepercayaan online payment, persepsi kepuasan, persepsi risiko, biaya admin, reputasi, keandalan sistem, persepsi kesesuaian, dan fleksibilitas, (2) Memetakan positioning aplikasi mobile payment LinkAja diantara kompetitior lainnya, (3) Menentukan analisis SWOT atribut perbaikan LinkAja berdasarkan perceptual mapping dan (4) Merumuskan rancangan strategi positioning untuk perbaikan LinkAja. Populasi penelitian ini adalah penduduk Kota Bandung dan menggunakan aplikasi mobile payment. Sampel pada penelitian ini berjumlah 257 orang. Melalui perceptual mapping, didapatkan 3 kelompok wilayah persaingan. LinkAja berada pada wilayah yang sama dengan DANA yang merupakan pesaing utama dari LinkAja. Hasil penelitian ini merupakan strategi positioning pada atribut yang menjadi dasar kompetisi pada wilayah persaingan LinkAja dan DANA untuk menjadi dasar rekomendasi perbaikan positioning dan menjadi pertimbangan untuk mencapai tujuan yang akan dicapai oleh LinkAja.

Subjek

ENGINEERING - MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI POSITIONING LINKAJA BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) DAN SWOT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVREYNA LUDMILLA ALDA
Perorangan
SARI WULANDARI, RIO AURACHMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini