Saat ini, di Indonesia terdapat konsumen yang semakin memperhatikan kesehatan kulit mereka dan merawatnya melalui perawatan kulit atau skincare pada wajah. Hal tersebut memicu peningkatan permintaan terhadap skincare di Indonesia di setiap tahun. Pada tahun 2022, produk skincare yang menjadi pilihan unggulan konsumen adalah serum. Salah satu brand skincare lokal Indonesia yang menawarkan produk serum adalah brand Somethinc yang telah berdiri sejak 2020. Namun, diperoleh data yang menampilkan produk serum Somethinc belum berhasil menjadi pilihan utama konsumen di Indonesia apabila disandingkan dengan brand skincare lokal lainnya. Hanya terdapat 2.6% pelanggan yang menyatakan bahwa mereka menggunakan serum dari Somethinc di tahun 2022. Hal tersebut menunjukkan minimnya purchase intention yang terjadi pada produk serum Somethinc.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan tujuan penelitian deskriptif dan kausal. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang disebabkan oleh variabel customer review dan variabel celebrity endorsement terhadap purchase intention skincare pada produk serum Somethinc, serta untuk mengetahui pengaruh variabel trust dalam memoderasi customer review dan celebrity endorsement yang mengarah pada purchase intention di Somethinc.
Pengambilan teknik sampling yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 388 responden. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk melakukan analisis data yang telah terkumpul dengan cara mendeskripsikan data tersebut, dan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolahan data SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel customer review dan celebrity endorsement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk skincare serum dari brand Somethinc, kemudian trust terbukti tidak memoderasi pengaruh variabel customer review dan celebrity endorsement terhadap purchase intention pada produk serum dari brand Somethinc.
Adapun saran yang peneliti dapat berikan untuk brand Somethinc adalah meningkatkan penggunaan celebrity endorser melalui kampanye pemasaran yang berkolaborasi dengan selebriti yang memiliki citra positif dan sesuai dengan target pasar mereka. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat memoderasi pengaruh customer review dan celebrity endorsement terhadap purchase intention pada produk skincare serum serperti brand awareness, perceived quality dan perceived value.