PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA PRODUK MBUL DIMSUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSTAC - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD LATIF NUR HIDAYAT NATASURYA

Informasi Dasar

188 kali
24.04.4607
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mbul Dimsum adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner dengan fokus pada produksi dan penjualan dimsum di Kota Bandung. Sebagai bisnis yang beroperasi di industri kuliner yang sangat kompetitif serta berkembangnya teknologi, Mbul Dimsum menghadapi tantangan dalam memaksimalkan pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing di tengah persaingan yang semakin ketat. Pada bulan Maret 2023 Mbul dimsum memulai penjualan melalui online food delivery dan membuat Instagram sebagai platform pemasaran, namun selangnya waktu berjalan, penjualan Mbul Dimsum tidak mencapai target dibandingkan dengan penjualan secara offline. Data menunjukan bahwa penjualan Mbul Dimsum dari Maret 2023 hingga November 2023 mengalami pertumbuhan yang masih dibawah rata-rata industri kuliner di Indonesia. Serta terdapatnya performa sosial media bahwa rendahnya interaksi dengan pelanggan di platform digital seperti media sosial, serta kurangnya kehadiran di berbagai platform pemasaran online. Hal ini disebabkan karena Mbul Dimsum belum memiliki strategi pemasaran digital yang jelas serta belum mampu memanfaatkan media digital yang dimiliki secara optimal. Masalah ini menjadi semakin krusial karena ketergantungan pada pemasaran tradisional tidak lagi cukup untuk memenangkan persaingan di era digital.
Penelitian ini berfokus pada identifikasi dan pemecahan masalah yang mempengaruhi kinerja penjulan Mbul Dimsum dengan meninjau tiga aspek utama yaitu resources, product dan promotion. Dari keempat aspek tersebut promotion diidentifikasi sebagai penyebab utama rendahnya penjualan Mbul Dimsum. Maka dari itu penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pemasaran digital yang efektif dan terintegrasi untuk memperluas penetrasi pasar, menarik pelanggan baru, dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode SOSTAC (Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control). Perancangan strategi digital marketing ini berfokus sebagai media promosi produk Mbul Dimsum dan diharapkan mampu meningkatkan penjualan melalui platform digital serta meningkatkan kinerja pemasaran melalui platform sosial media.
Rancangan strategi digital marketing penelitian ini melakukan analisis situasi melalui metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja Mbul Dimsum. Penelitian ini mengusulkan delapan strategi pembuatan sosial media baru (Social Media Marketing) seperti tiktok dan Whatsapp Business, serta mengoptimalkan sosial media tersebut (Social Media Optimization), pembuatan Content Marketing serta Video Marketing yang menarik, Partnership yaitu bekerja sama dengan influencer dan media partner, selain bekerjasama dengan influencer dan media partner dilakukannya kerjasama menggunakan Tokopedia dan Shopee sebagai penunjang penjualan yang lebih luas pada segmen frozen food, pembuatan Linktree untuk mempermudah konsumen mencari informasi terkait, User Generated Content (UGC), dan Mobile Commerce.
Implementasi strategi-strategi ini divisualisasikan dalam bentuk Strategy Map yang memberikan gambaran menyeluruh mengenai langkah-langkah yang harus diambil oleh Mbul Dimsum untuk mencapai tujuannya. Mbul Dimsum diharapkan dapat meningkatkan kehadiran digital Mbul Dimsum, memperluas pangsa pasar, serta membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Dengan adanya rancangan ini Mbul Dimsum diharapkan dapat memperluas pangsa pasarnya dan bersaing lebih efektif di industri kuliner yang semakin kompetitif. Kehadiran yang lebih kuat di platform digital juga membuka peluang untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan berkelanjutan dengan pelanggan, yang penting untuk mempertahankan loyalitas mereka. Secara keseluruhan, solusi yang diusulkan memberikan panduan praktis dan aplikatif yang dapat diadopsi oleh UMKM dalam mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang efektif, guna mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan peningkatan daya saing di era digital.
Kata kunci— UMKM, Pemasaran Digital, SOSTAC, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

 

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA PRODUK MBUL DIMSUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSTAC - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xxvii, 116p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD LATIF NUR HIDAYAT NATASURYA
Perorangan
Sari Wulandari, Yati Rohayati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEH3H2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini