ANALISIS PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING (Studi Kasus Mitra Finpay di PT Finnet Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NURHAYA THAHIR

Informasi Dasar

109 kali
25.05.040
006.7
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Mitra Finpay merupakan aplikasi milik PT. Finnet Indonesia yang bergerak dalam bidang layanan keuangan digital dan ditujukan untuk pengelolaan bisnis terutama Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). Aplikasi ini telah berjalan sejak  akhir tahun 2020, telah tersedia di Play Store dan di Apps Store serta saat ini telah memiliki cukup banyak user. Namun, hingga saat ini pengguna aktif masih sangat kecil serta rating aplikasi ini masih sangat rendah dibanding kompetitornya. Selain itu dari wawancara awal dengan pengguna didapatkan informasi terkait ketidaknyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi Mitra Finpay.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hal-hal apa saja yang harus dikembangkan dalam aplikasi Mitra Finpay agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan menggunakan pendekatan metode design thinking. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan narasumber utama dari eksternal (pengguna aplikasi Mitra Finpay) dan dari internal (pengembang aplikasi Mitra Finpay dan ahli).
Dalam penelitian ini, metode design thinking yang digunakan terdiri dari 5 tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype dan test. Pada tahapan emphatize, peneliti melakukan interview dengan pengguna, pengembang, dan ahli. Peneliti kemudian membuat user journey map, emphaty map, serta melakukan observasi untuk menenemukan beberapa permasalahan yang ada pada aplikasi Mitra Finpay.
Pada tahapan define, beberapa permasalahan yang ada disusun dalam sebuah daftar prioritas. Kemudian peneliti membuat jobs to be done, point of view, dan pernyataan how might we. Setelah melakukan identifikasi masalah-masalah yang ada dalam ekosistem aplikasi Mitra Finpay, tahapan selanjutnya adalah mencoba menemukan gagasan baru sebagai solusi dari permasalahan yang ada melalui proses ideate. Pada tahapan ini, peneliti menggunakan metode brainstorming untuk menggali ide-ide yang dapat memecahkan permasalahan utama. Beberapa ide yang didapat kemudian dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna aplikasi Mitra Finpay.
Penelitian ini menghasilkan prototipe berupa 5 fitur, yaitu fitur onboarding, fitur registrasi Mitra Finpay non-QRIS, fitur dan sistem verifikasi data registrasi Mitra Finpay dengan AI, fitur dashboard non-QRIS, dan fitur registrasi QRIS. Hasil uji prototype pada tahapan test berdasarkan usability testing menghasilkan skor 86 atau acceptable. Para narasumber memberikan feedback positif terhadap perubahan yang dikembangkan dalam prototipe yang sudah dibuat. Narasumber juga memberikan masukan yang langsung ditindaklanjuti terkait halaman onboarding, form kelengkapan data diri, dan tampilan dashboard non-QRIS.
 
Kata Kunci: Transformasi Digital, Digitalisasi, Design thinking
 

Subjek

Design Thinking
 

Katalog

ANALISIS PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING (Studi Kasus Mitra Finpay di PT Finnet Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 184p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURHAYA THAHIR
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EMI2F3 - DESIGN THINKING FOR BUSINESS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini