PERANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (Studi Kasus: UMKM Hafelti)

BARSYAH ABDUL AZIS

Informasi Dasar

97 kali
23.04.6709
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UMKM Hafelti merupakan salah satu UMKM penyedia produk makanan ringan dan frozen food. UMKM Hafelti ini berdiri sejak tahun 2019 dan melakukan penjualan di Sawangan, Kota Depok. Berdasarkan hasil analisis fishbone diagram dapat dilihat bahwa akar permasalahan utama terdapat pada aspek Promotion karena kondisi pada UMKM Hafelti belum memiliki strategi pengembangan usaha yang efektif dan kreatif. Hasil dari perhitungan matriks IFE dan EFE memperoleh skor 2,14 dan 2,04 yang menjadi input pada matriks IE. Matriks IE menentukan posisi UMKM Hafelti dalam kuadran 5 yaitu Hold and Maintain dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Selanjutnya, melakukan analisis matriks SWOT untuk mendapatkan usulan strategi alternatif. Hasil dari matriks IE dan matriks SWOT akan dilakukan pengelompokkan strategi berdasarkan hasil yang telah diperoleh. Usulan strategi alternatif berdasarkan hasil pengelompokkan tersebut yaitu “Online selling pada platform penjualan online seperti TikTok atau Shopee”, “Melakukan perencanaan pemasaran dalam jangka panjang untuk memajukan perusahaan”, “Membuat visualisasi konten produk yang menarik agar konsumen dapat tertarik untuk membeli”, “Memanfaatkan platform penjualan secara online untuk melakukan penetrasi pasar”, “Membuat sistem open reseller untuk menjangkau pasar yang lebih luas”, “Mencari investor untuk penambahan modal dalam memperluas pangsa pasar”, “Menambah jenis varian produk baru untuk meningkatkan minat beli para konsumen”, “Membuat inovasi paket bundling agar konsumen dapat tertarik dan melakukan pembelian produk”, dan “Memodifikasi ulang packaging untuk bisa memperkuat merek”. Selanjutnya, 9 strategi alternatif tersebut dievaluasi berdasarkan kondisi yang ada dan ditentukan prioritasnya menggunakan matriks QSPM. Strategi yang dipilih berdasarkan QSPM adalah “Memanfaatkan platform penjualan secara online untuk melakukan penetrasi pasar” dengan skor TAS sebesar 6,29. Uraian strategi yang telah didapatkan kemudian disusun dalam Roadmap Strategy yang terdiri dari dua tahap yaitu “tahap perbaikan dan pembangunan kekuatan” dan “tahap pertumbuhan”. Implementasi dari rencana ini akan direncanakan selama dua tahun.

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (Studi Kasus: UMKM Hafelti)
 
xiv, 225p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BARSYAH ABDUL AZIS
Perorangan
Isnaeni Yuli Arini, Rosad Ma'ali El Hadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEI3B2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEI3F2 - SISTEM MANAJEMEN ORGANISASI INDUSTRI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini