Transformasi yang cepat dalam industri kopi, yang sebagian besar dikelola oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mendorong perlunya pengembangan strategi yang tidak hanya efektif tetapi juga menggabungkan elemen inovatisi untuk mengoptimalkan keunggulan bersaing. Penelitian ini secara khusus memfokuskan pada eksplorasi mendalam mengenai peran penting inovasi produk dalam memperkuat daya saing UMKM Genre Coffee. Fokus strategis untuk mencapai tujuan tersebut terpusat pada pendekatan inovatisi terhadap produk, yang dianggap sebagai pondasi utama dan faktor diferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah agar menganalisis dampak inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa jauhinovasi produk memengaruhi serta memberikan kontribusi terhadap keunggulan bersaing di UMKM Genre kopi di Pangkalan Kerinci. Dalam menjelajahi peran dan dampak inovasi produk, penelitian ini menerapkan metode Structural Equation Modeling (SEM) melaluiaplikasi Smart PLS untuk menganalisis data survei yang telah terkumpul. Pendekatan ini tidak hanya terbatas pada pemahaman hubungan kompleks antar variabel, tetapi juga memberikan kemampuan untuk mengukur secara seksama dan kontekstual bagaimana inovasi produk secara spesifik memengaruhi keunggulan bersaing di UMKM Genre Coffee.