Pemilihan Jurnal untuk Publikasi Ilmiah

18 December 2023 Oleh rikayuliant Dilihat 464 kali

Pemilihan Jurnal untuk Publikasi Ilmiah

Setelah proses penelitian dan pendokumentasian penelitian melalui pembuatan laporan, tahap selanjutnya adalah kita melakukan publikasi hasil penelitian. Publikasi hasil penelitian dapat melalui penerbitan artikel pada jurnal tertentu yang sesuai dengan bidang keilmuan (topik penelitian) yang kita miliki.

Terdapat beberapa langkah alternatif untuk mencari dan menentukan jurnal yang kita pilih untuk mempublikasikan artikel penelitian yang kita miliki

 

1. Identifikasi dan Memilih Jurnal untuk Mempubilkasikan Artikel

Publikasi Ilmiah seperti artikel merupakan suatu keharusan bagi kalangan akademisi, biasanya terdapat pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika akan melakukan publikasi ilmiah (misal: artikel jurnal). Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat pemilihan jurnal untuk melakukan publikasi artikel:


1. Melakukan pencarian dan mengumpulkan jurnal-jurnal potensial, dapat dilakukan dengan:

  • Melihat jurnal yang direferensikan dalam bibliografi artikel di bidang ilmu terkait
  • Melihat referensi naskah untuk mencari tahu di jurnal apa artikel yang kita kutip diterbitkan
  • Berkonsultasi dengan jejaring penelitian (dosen pembimbing, supervisor, atau kolega)
  • Melakukan pencarian jurnal dengan menggunakan kata kunci utama yang digunakan dalam naskah kita
  • Melakukan pencarian topik di database untuk mengidentifikasi jurnal potensial untuk melakukan publikasi

 

2. Mempersempit pencarian dengan memilih beberapa jurnal yang sesuai dan bandingkan jurnal-jurnal tersebut.

Kriteria berikut dapat digunakan untuk memilih dan membandingkan jurnal yang tepat dan cocok untuk penelitian yang kita lakukan.

a. Tujuan dan ruang lingkup jurnal

Tujuan dan ruang lingkup jurnal dapat dilihat pada bagian “Tentang Jurnal” (“About the Journal”), “Tujuan dan Ruang Ligkup” (“Aims and Scope”) atau istilah lain yang serupa pada Beranda (“Home”) jurnal. Bagian ini memberikaan informasi mengenai tujuan jurnal, siapa yang membaca/sudiens jurnal, dan sesuai atau tidak penelitian yang kita lakukan untuk jurnal tersebut

b. Bandingkan artikel yang serupa pada jurnal

Lakukan pencarian pada jurnal berdasarkan kata kunci yang digunakan pada naskah artikel kita, untuk mengetahui suatu jurnal telah menerbitkan artikel yang serupa dengan artikel kita. Batasi pencarian artikel pada artikel yang dipublikasi 3-5 tahun terakhir dan tentukan apakah artikel tersebut memiliki kualitas dan cakupan yang serupa dengan artikel yang kita miliki. Kita dapat mengidentifikasi minat (konsen) editor jurnal melalui bagian isu khusus atau editorial terkini. Dengan mencocokan konten artikel yang kita miliki dengan ketentuan yang disampaikan oleh jurnal akan meningkatkan peluang bagi artikel kita untuk ditinjau oleh editor jurnal.

c. Penerbitan artikel jurnal pada jurnal Open Access (OA)

Pada beberapa kondisi, peneliti diwajibkan oleh pemberi pendanaan untuk menerbitkan artikel di jurnal OA. Perlu untuk diketahui apakah pihak pengelola jurnal menawarkan cara penerbitan konvensional, OA, atau hybrid. Penerbitan artikel OA pada jurnal pada umumnya meminta author untuk membayar Biaya Pemrosesan Artikel. Informasi mengenai kebijakan, persyaratan dan biaya OA dapat dilihat pada situs web jurnal.

d. Perhatikan batasan (restrictions) jurnal

Pada Beranda jurnal, lihat bagian berjudul “Information for Authors” atau bagian “Editorial Policies” (Kebijakan Editorial), kita akan menemukan batasan jurnal. Pembatasan tertentu seperti jenis publikasi, jumlah kata, metodologi, gaya referensi, atau biaya publikasi merupakan pembatasan umum yang harus diperhatikan oleh penulis.

e. Metrik (metrics) Jurnal

Validitas Journal Impact Factor atau metrik jurnal yang lain (misal: CiteScore, SJR, SNIP) sebagai ukuran kualitas jurnal masih kontroversial. Namun metode ini tetap menjadi metode standar untuk menentukan kualitas dan reputasi sebuah jurnal. Tidak jarang, peneliti tertarik mengirimkan naskah artikel pada jurnal dengan metrik jurnal tertinggi, penting untuk mengevaluasi penelitian kita secara objektif dan menentukan kesesuaian artikel untuk dipublikasi pada jurnal papan atas. Karena kita harus mengalokasikan waktu dan tenaga untuk mengirimkan ulang artikel bila tidak diterima oleh jurnal papan atas yang dituju.

Diadaptasi dari: American Journal Expert

 

2. Pencari Jurnal ("Journal Finder") dan Penganalisis Artikel

Gunakan perangkat berikut untuk mencari jurnal yang sesuai berdasarkan kategori subjek, penerbit, judul, abstrak, dan kata kunci.

Beberapa pencari jurnal khusus domain atau berdasarkan subjek:

  • IEEE Publication RecommenderPencari jurnal yang mencari artikel di Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
  • JSTOR Text Analyzer (Penganalisis Teks JSTOR) Pencarian dalam perpustakaan digital JSTOR yang berisi jurnal ilmiah di bidang humaniora, ilmu sosial, dan sains.

 

Berikut adalah beberapa “journal finder” yang terhubung dengan penerbit jurnal:

  • Sage Journal Recommender. Kita dapat menemukan jurnal yang relevan untuk naskah artikel yang kita miliki, melakukan verifikasi pada tujuan & cakupan jurnal, dan mengirimkan artikel ke salah satu jurnal Sage
  • Emerald Find a JournalKita dapat menemukan jurnal yang relevan untuk naskah artikel yang kita miliki dan mengirimkan artikel ke salah satu jurnal pada database Emerald.

 

3. Melakukan Pencarian Bibliografi untuk Mengidentifikasi Jurnal Potensial

Melakukan pencarian topik pada database merupakan metode yang berguna untuk mengidentifikasi jurnal potensial untuk menerbitkan naskah kita.

Metode ini dilakukan oleh penulis artikel dengan mengidentifikasi frasa dan kata kunci yang tepat yang menggambarkan naskah artikel penulis dan mencari topik artikel pada database.

Pencarian dengan metode ini akan menampilkan artikel yang diterbitkan di jurnal yang mirip dengan naskah artikel kita, sehingga jurnal tersebut bisa menjadi jurnal potensial yang akan menerbitkan artikel kita.

Metode ini sebaiknya dilakukan oleh penulis karena penulis yang mengetahui kata kunci terbaik untuk pencarian dan mengetahui cara mengevaluasi relevansi artikel yang dipilih. Setelah kita memiliki daftar jurnal potensial ini, kita kemudian membandingkannya menggunakan kriteria spesifik yang kita tetapkan, atau dapat juga kita menggunakan metrik jurnal untuk  memilih jurnal yang paling sesuai dengan artikel kita untuk diterbitkan.

Berikut adalah contoh bagaimana kita dapat melakukan pencarian topik pada database Scopus untuk mendapatkan informasi dan memilih jurnal.

Masuk ke scopus.com, untuk sivitas Tel-U yang berada di luar lingkungan kampus scopus dapat diakses melalui aplikasi MyLoft

 

“Screenshot” dari Scopus by Elsevier

Identifikasi istilah dan frasa kunci yang paling menggambarkan naskah artikel kita. Pencarian dapat dilakukan dengan menggunakan operator Boolean untuk membantu mendapatkan artikel yang paling relevan dan cocok dengan naskah artikel kita.

“Screenshot” dari Scopus by Elsevier

 

Kita dapat menggunakan filter di sebelah kiri untuk membantu mengurutkan jurnal lebih lanjut dan membatasi hasil pencarian yang kita lakukan.

“Screenshot” dari Scopus by Elsevier

 

Pilih semua hasil pencarian yang ditampilkan dan klik ekspor

“Screenshot” dari Scopus by Elsevier

 

Pastikan kita telah memilih 'Source Title' dan CSV sebagai format ekspor

“Screenshot” dari Scopus by Elsevier

 

Kita kemudian dapat merujuk pada file yang diekspor untuk melakukan filter lebih lanjut guna mengidentifikasi jurnal yang relevan. Metode ini mengharuskan kita melihat daftar jurnal, mencocokkan jurnal dengan judul artikel untuk menentukan relevansi, menghapus baris informasi yang tidak relevan, atau mencari jurnal tertentu secara online untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sebagai alternatif, kita dapat menggunakan fungsi 'Analyze Results' untuk melakukan analisis secara cepat terhadap judul jurnal

“Screenshot” from Scopus by Elsevier

 

Selanjutnya, Klik pada menu 'Documents per year by source'

“Screenshot” dari Scopus by Elsevier

 

Tampilan menunjukkan rangkuman data jumlah artikel yang diterbitkan di masing-masing jurnal selama periode waktu tertentu

“Screenshot” dari Scopus by Elsevier

 

 

Informasi Lainnya