Studi Banding Pustakawan Universitas Indonesia ke Open Library

19 June 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 194 kali

Studi Banding Pustakawan Universitas Indonesia ke Open Library


Open Library yang berlokasi di Bandung menerima kunjungan istimewa dari rekan-rekan pustakawan Universitas Indonesia (UI). Kunjungan ini merupakan balasan dari kunjungan yang sebelumnya dilakukan oleh para pustakawan Open Library ke Perpustakaan Universitas Indonesia. Tujuan utama dari kunjungan tim pustakawan UI ke Open Library adalah untuk saling berbagi informasi dan pengalaman terkait inovasi yang diterapkan dalam pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi.

Kegiatan diskusi dan sharing informasi dilaksanakan di ruang Mini Theatre Open Library. Kepala bagian Open Library, Ibu Rika Yuliant, menyambut hangat kedatangan para pustakawan dari Universitas Indonesia. Dalam sambutannya, Ibu Rika menyatakan bahwa kunjungan balasan ini dapat menjadi sarana diskusi yang produktif serta media pembelajaran antara kedua perpustakaan.

Sambutan serupa juga disampaikan oleh Ibu Mariyah, S.Sos., M.Hum., yang merupakan kepala Perpustakaan Universitas Indonesia. Ibu Mariyah menjelaskan bahwa tujuan utama kunjungan mereka adalah untuk memahami lebih dalam inovasi-inovasi yang telah diterapkan oleh Open Library dalam menunjang operasional layanan perpustakaan.

Kegiatan sharing dihadiri oleh sejumlah pustakawan dari kedua institusi. Para pustakawan berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai berbagai aspek pengelolaan perpustakaan, khususnya penggunaan teknologi digital dan strategi promosi layanan perpustakaan melalui media sosial.

Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat bagi kedua institusi, karena masing-masing perpustakaan dapat belajar dari pengalaman dan inovasi yang telah diterapkan oleh satu sama lain. Kunjungan ini juga membuka peluang untuk kerjasama lebih lanjut dalam berbagai program pengembangan perpustakaan perguruan tinggi.

Kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama dan pertukaran cendera mata sebagai tanda penghargaan dan kenang-kenangan dari kedua institusi. Para peserta berharap agar kunjungan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang, sebagai bentuk komitmen bersama dalam meningkatkan kontribusi perpustakaan perguruan tinggi bagi sivitas maupun masyarakat Indonesia.

 

Penulis : Muhammad Zaky Rakhmat | Editor : Irma Sari R

Informasi Lainnya