Library Newsletter | Tel-U Open Library, November 2023

30 November 2023 Oleh mzakyrakhmat

Newsletter Bulan November dapat diunduh disini

 

Telkom University Open Library Raih Penghargaan Tertinggi dalam Kompetisi Inovasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Barat

Semarang, 2 November 2023 – Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) menyelenggarakan kompetisi Academic Library Innovation Award (ALIA) pada hari Kamis, 2 November 2023 di Hotel Santika Kota Semarang.

Academic Library Innovation Award (ALIA) adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) dalam rangka memberi apresiasi bagi pengelola perpustakaan yang terus berupaya meningkatkan tata kelola perpustakaan melalui inovasi dan kreativitas sehingga perpustakaan perguruan tinggi dapat semakin berperan dan memiliki posisi strategis dalam pencapaian visi misi institusi sekaligus menjadi pusat peradaban berbasis teknologi.

Dengan mengusung tema utama, "Upscaling Academic Library Resources as a Strategy to Navigate the Post-pandemic Era, Digital Transformation, and Society 5.0 in the Interconnected World," Tim  Pustakawan Open Library yang diwakili oleh Yudhi Nugoroho Adi, Gilang Islam Triadi, Risya Rahmi, Ridwan Ramdani dan Sobran Mudopar memberikan usaha terbaik dan berhasil meraih posisi pertama dalam kompetisi ALIA.  

Dalam kompetisi ALIA tingkat nasional tahun 2023, Open Library menyajikan inovasi yang berjudul "OLAFA (OPEN LIBRARY APPLICATION FOR ACCREDITATION): Visualisasi Data melalui Dashboard untuk Menunjang Akreditasi Institusi dan Prodi di Telkom University.”.  Hasil karya inovasi diharapkan mampu untuk menjawab tantangan proses penjaminan mutu bagi institusi sekaligus dapat menjadi sarana perbaikan bagi perpustakaan berdasarkan hasil identifikasi area kelemahan yang berpotensi untuk dilakukan perbaikan.

Kemenangan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Telkom University Open Library saja, namun juga menjadi motivasi untuk terus menghasilkan inovasi-inovasi lainnya yang dapat memberi manfaat dan kontribusi positif secara luas tidak hanya bagi sivitas akademika Telkom University tetapi juga bagi masyarakat Indonesia.

 


 

 

Distribusi Buku Donasi Sivitas ke SDIT Atmaliah Garut.

Senin, 20 November 2023, SDIT Atmaliah Garut menyambut hangat kehadiran perwakilan Open Library.  Pada kesempatan tersebut Open Library melakukan distribusi buku donasi dari sivitas akademika dan juga masyarakat umum.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Open Library untuk semakin meluaskan manfaat dan kontribusi bagi sekolah, komunitas ataupun perpustakaan desa yang memerlukan dukungan untuk peningkatan kemampuan literasi dan minat baca para penggunanya.

Kegiatan distribusi buku donasi yang rutin dilakukan oleh Open Library merupakan tindak lanjut kegiatan “Book Donation” yang dilakukan sepanjang tahun, dimana sivitas dan masyarakat umum dapat menitipkan donasi buku kepada Open Library melalui book donation box yang tersedia diarea lobi Open Library.

Pada tahun ini, buku donasi yang telah diterima untuk didistribusikan kembali sebanyak 740  eksemplar, dan 275 diantaranya telah didistribusikan ke SDIT Atmaliah Garut. Adapun buku yang kami terima dan kami distribusikan terdiri dari buku cerita anak-anak, buku terkait softskil, buku rekreatif atau novel dan buku referensi.

 Semoga kegiatan book donation dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan memberi banyak manfaat untuk memperluas akses pengetahuan dan pendidikan, mengembangkan kemampuan membaca dan menulis bagi anak-anak, meningkatkan minat membaca, memberi stimuli untuk kreativitas dan inovasi, meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Dengan manfaat-manfaat ini, buku donasi tidak hanya menyediakan wawasan dan pengetahuan, tetapi juga dapat membantu mengubah kehidupan individu dan komunitas secara positif.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas Telkom University dan juga masyarakat yang telah berkontribusi dalam program “Book Donation” semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan mampu menciptakan jejak-jejak kebaikan untuk generasi mendatang demi terwujudnya kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

 


 

 

Library Beyond Limits: Open Library Mobile Apps untuk Kemudahan Eskplorasi Pengetahuan

Open Library telah memasuki chapter baru dalam penyediaan layanan yang ditandai dengan peluncuran aplikasi mobile terbaru yaitu TeluOpenlib. Aplikasi ini diharapkan dapat membawa pengguna ke level pengalaman yang baru dalam hal kemudahan akses dan penggunaan fitur layanan lainnya yang lebih personal.

Aplikasi mobile ini dirancang dengan fitur yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia di Open Library mobile apps: 1). Book delivery systems, 2) Riwayat peminjaman buku, 3) Perpanjangan peminjaman buku, 4) Informasi denda keterlambatan, 5) Riwayat status unggah dan approval karya ilmiah, 6) Usulan pustaka, 7) Peminjaman ruang diskusi, 8) Daftar koleksi jurnal, 9) Akses katalog tercetak, 10) Akses koleksi digital, 11) Informasi dan notifikasi.

Transformasi layanan Open Library dalam format mobile tidak hanya memberi kemudahan terhadap penelusuran informasi koleksi di Open Library, namun juga menjadi langkah strategis dalam menyediakan layanan perpustakaan yang lebih adaptif, sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup digital masyarakat saat ini.

Aplikasi ini tidak hanya memberi kemudahan akses terhadap sumber informasi dan pengetahuan, namun juga mampu menghadirkan fitur layanan lain yang dipersonalisasi. Langkah maju ini diharapkan dapat menjembatani kebutuhan terhadap akses informasi secara mudah, cepat, nyaman dan menyenangkan langsung melalui jari anda.

Aplikasi Open Library mobile apps dapat dapat diunduh melalui Playstore pada tautan https://bit.ly/playstoreOpenlib dan app store pada tautan https://bit.ly/AppstoreOpenlib. Selamat menikmati pengalaman baru dalam eksplorasi pengetahuan untuk belajar dan bertumbuh kapanpun dan dimanapun.